Selasa, 18 November 2008

Optimalkan Komputer Pentium III Untuk Akses Internet

Mungkinkah komputer Pentium III dapat dipakai untuk akses di internet dengan cepat? Posting kali ini merupakan pengalaman saya pada hari ini Senin, saat mempersiapkan komputer yang akan digunakan pengunjung untuk mengakses internet.

Komputer ini bisanya digunakan untuk keperluan pekerjaan kantor, seperti ketik mengetik, menulis surat, administrasi barang. Saya sempat ragu, apakah mungkin komputer dengan spesifikasi. Intel Pentium III processor 1,11 GHz, 128 MB of RAM, 20 GB Hardisk ini bisa digunakan untuk mengakses internet dengan cepat.


Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan:
1. Mengganti periferal yang sudah rusak dengan periferal yang masih baik.

2. Membersihkan perangkat keras dari debu dan kotoran lain, meliputi membersihkan debu yang melekat di monitor, keyboard, dan “jeroan” komputer.

3. Menghapus file-file dan menguninstal aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan lagi

4. Menjalankan Disk Cleanup dan Disk Defragmenter yang ada di System Tool (Start, All Program, Accessories, System Tool)

5. Menambah memori komputer, memori awal SDR 128 MB PC 133 kemudian ditambah memori SDR 256 MB PC 133. Saat menambah memori jenis memori yang baru harus sama, perhatikan kedua jenis RAM yang saya install ( SDR dan PC 133), kalau tidak sama akan komputer akan “hang”

6. Menambah harddisk komputer menjadi 60 GB. Harddisk pada drive C: 20 GB khusus untuk program, dan drive D: 40 GB untuk menyimpan file atau dokumen baru.

7. Menginstal software anti virus AVG free edition dan AVG anti spyware (Anda bisa menginstal antivirus yang lain seperti Norton Anti virus dll)

8. Instal Mozila Firefox versi terbaru, untuk browsing aman di internet

9. Install SiteAdvisor sebagai Penasihat Situs agar kita tahu situs-situs mana saja yang mempunyai reputasi buruk.

10. Instal Adobe Reader, agar bisa membaca file-file bentuk pdf.

11. Instal Internet Turbo untuk mempercepat kerja modem.

12. Instal DAP Acelerator Plus agar download file lebih cepat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More