Selasa, 18 November 2008

Mengoptimalkan Kerja Komputer

Apakah Anda tahu bahwa komputer kita membutuhkan pemeliharaan agar dapat berjalan/bekerja secara efektif? Jangan kaget apabila kerja komputer Anda menjadi lambat. Banyak hal yang menyebabkan masalah ini, seperti file-file temporer, pecahan file, virus dan spyware. Virus tidak hanya mengurangi perfomence komputer Anda tapi juga merusak data.

Sistem operasi Windows menyediakan fasilitas untuk membantu mencapai sistem performance yang baik. Saya berharap, tips berikut ini dapat membantu memperbaiki performance komputer Anda. Contoh berikut menggunakan Microsoft Windows XP.

1. Backup Data
Kegiatan dilakukan agar kapasitas hard disk selalu lega, caranya klik [Start], [Program], [Accessories], [System Tools], [backup]. jalankan Backup wizard

2. Defrag Hardisk
Dengan menjalankan fasilitas ini file-file yang berserakan di hardisk akan di letakkan kembali pada tempatnya masing-masing, caranya klik [Start], [All Programs], [Accessories], [System Tools], [Disk defragmenter]. Pilih drive yang akan di-defrag, biasanya drive C. Pilih drive C, klik Defragment.

3. Menghapus File yang tidak berguna
Masuk ke Windows Explorer, klik drive yang kita maksud, klik kanan, properties. Klik disk cleanup. Jika proses selesai akan muncul jendela baru beri tand V/klik file yang igin Anda kompres.

4. Memeriksa eror dalam hardisk
Eror kadang terjadi di komputer kita, misalnya karena mematikan komputer padahal sistem masih berjalan. Caranya, Klik [Start], [My Computer], Pilih properties dari menu pop-up. Setelah properties muncul, klik tabs tools. Klik tombol Check now, di bagian error checking. Pilih semua file yang akan di chek lalu klik start.

Lakukanlah kegiatan ini secara runtin, misalnya setiap minggu sekali, kalau perlu 1 hari sekali apabila aktivitas Anda di komputer banyak. Saya melakukan ini setiap hari, misalnya, kegiatan mendefrag saya lakukan pada saat makan siang/istirahat. Dengan cara ini kegiatan rutin kita dikomputer tidak akan terganggu, hasilnya komputer saya dapat bekerja dengan cepat.

5. Instal antivirus dan spyware
Untuk komputer instal antivirus adalah wajib terlebih lagi jika komputer Anda sudah terhubung ke internet, dan jangan lupa selalu update virus definitions yang terbaru, agar antivirus Anda segera mengenali virus-virus terbaru.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More